PERANCANGAN DESAIN KEMASAN PRODUK UMKM ARE FLOWER STORE UNTUK MENINGKATKAN NILAI TAMBAH BISNIS

Sailal Ilmi, 3031910037 (2024) PERANCANGAN DESAIN KEMASAN PRODUK UMKM ARE FLOWER STORE UNTUK MENINGKATKAN NILAI TAMBAH BISNIS. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf

Download (388kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (377kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (FORM PLAGIASI)
5. FORM PLAGIASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
6. ABSTRAK.pdf

Download (271kB)
[img] Text (ABSTRACT)
7. ABSTRACT.pdf

Download (274kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
8. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (305kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
10. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
11. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
12. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (433kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
13. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
14. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
15. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
16. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
19. SKRIPSI – SAILAL ILMI (3031910037).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT DOC)
20. SKRIPSI – SAILAL ILMI (3031910037).docx
Restricted to Repository staff only

Download (24MB) | Request a copy
[img] Image (POSTER SKRIPSI)
21. POSTER – SAILAL ILMI (3031910037).png

Download (809kB)

Abstract

Di era sekarang persaingan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) semakin berkembang pesat. UMKM Are Flower Store merupakan salah satu contoh UMKM yang bergerak di bidang florist. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain kemasan produk UMKM Are Flower Store untuk meningkatkan nilai tambah bisnis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Are Flower Store menghadapi beberapa tantangan terkait dengan desain kemasan produk mereka, yaitu, kemasan yang digunakan tidak mampu memberikan perlindungan optimal terhadap produk bunga, Kemasan yang kurang estetis menunjukkan kurangnya pemahaman akan pentingnya desain kemasan dalam memengaruhi persepsi konsumen terhadap kualitas dan nilai produk, Tidak adanya kemasan primer yang disesuaikan dengan karakteristik produk bouquet bunga. Berdasarkan hasil penelitian, dirancang desain kemasan produk yang baru dengan memperhatikan aspek-aspek berikut : kemasan yang berkelanjutan dan terbuat dari bahan yang ramah lingkungan dan mudah didaur ulang, kemasan yang dirancang untuk melindungi produk bunga dari kerusakan selama transportasi. Desain kemasan yang estetis. Desain kemasan produk yang baru diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah bisnis UMKM Are Flower Store dengan cara meningkatkan daya tarik produk bagi konsumen, meningkatkan pengalaman pembelian konsumen, meningkatkan nilai produk, menciptakan kesan yang positif bagi konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Softfile/KK.24/UISI-01/DKV
Uncontrolled Keywords: UMKM, Desain kemasan, Nilai tambah bisnis, Are Flower Store
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorTyas Ajeng Nastiti, S.T., M.Ds.tyas.nastiti@uisi.ac.id
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Department of Visual Communication Design
Depositing User: Sailal Ilmi
Date Deposited: 09 Aug 2024 17:53
Last Modified: 09 Aug 2024 17:53
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/6692

Actions (login required)

View Item View Item