PENGARUH NILAI YANG DIRASAKAN PELANGGAN TERHADAP KETERLIBATAN, NIAT BELI, DAN NIAT KEBERLANJUTAN PENGGUNAAN APLIKASI LIVE STREAMING SOCIAL COMMERCE

Muhammad Fajar Ramadhoni, 3022110006 (2025) PENGARUH NILAI YANG DIRASAKAN PELANGGAN TERHADAP KETERLIBATAN, NIAT BELI, DAN NIAT KEBERLANJUTAN PENGGUNAAN APLIKASI LIVE STREAMING SOCIAL COMMERCE. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf

Download (609kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (333kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN DETEKSI PLAGIASI)
5. HALAMAN DETEKSI PLAGIASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
6. ABSTRAK.pdf

Download (407kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (448kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
10. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (418kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
12. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
13. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMAPARAN)
14. BAB IV HASIL DAN PEMAPARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUPAN)
15. BAB V PENUTUPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (542kB)
[img] Text (BIODATA PENULIS)
17. BIODATA PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
SKRISPI - MUHAMMAD FAJAR RAMADHONI (3022110006).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT DOC)
SKRISPI - MUHAMMAD FAJAR RAMADHONI (3022110006).docx
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Image (POSTER)
POSTER.png

Download (903kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keterlibatan pelanggan dalam live streaming social commerce, khususnya di platform TikTok Shop, dan dampaknya terhadap niat pembelian dan niat penggunaan berkelanjutan. Pentingnya penelitian ini terletak pada pesatnya perkembangan aplikasi media sosial dalam sektor social commerce, yang menghadirkan peluang baru bagi merek untuk berinteraksi langsung dengan pengguna melalui fitur live streaming. Pendekatan penelitian kuantitatif digunakan, dengan menggunakan teknik survei untuk mengumpulkan data dari 400 responden yang merupakan pengguna aktif platform TikTok Shop di Indonesia dan menggunakan fitur live streaming. Data dianalisis dengan menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hedonis, simbolis, dan interaktivitas dari live streaming berpengaruh positif terhadap keterlibatan pelanggan, sedangkan nilai utilitarian tidak berpengaruh signifikan. Selain itu, keterlibatan pelanggan secara positif mempengaruhi niat pembelian dan niat penggunaan berkelanjutan. Temuan ini menggarisbawahi peran penting dari aspek emosional dan interaktif dari live streaming dalam mendorong keterlibatan pelanggan, yang kemudian meningkatkan niat pembelian dan penggunaan yang berkelanjutan. Penelitian ini menawarkan wawasan yang berharga dalam pengembangan pemasaran digital dan strategi interaksi pengguna dalam konteks perdagangan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Softfile/KK.25/UISI-01/SI
Uncontrolled Keywords: Live Streaming, TikTok Shop, Keterlibatan Pelanggan, Niat Pembelian, Niat Penggunaan Berkelanjutan, Social Commerce
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorGrandys Frieska Prassida, S.Kom., M.Kom., Ph.D., MCE, CIIQAgrandys.prassida@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Department of Information System
Depositing User: MUHAMMAD FAJAR RAMADHONI
Date Deposited: 12 Mar 2025 13:54
Last Modified: 12 Mar 2025 13:54
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/7346

Actions (login required)

View Item View Item