ANALISIS LAYANAN SISTEM KKP PADA PENERAPAN PROYEK PTSL KANTOR PERTANAHAN LAMONGAN MENGGUNAKAN SERVICE OPERATION ITIL V3

Deti Alfitri Yenni, 3021810002 (2022) ANALISIS LAYANAN SISTEM KKP PADA PENERAPAN PROYEK PTSL KANTOR PERTANAHAN LAMONGAN MENGGUNAKAN SERVICE OPERATION ITIL V3. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf

Download (194kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (132kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (546kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (625kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (552kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
11. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
12. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
13. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
14. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (926kB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
17. SKRIPSI - DETI ALFITRI YENNI (3021810002).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT DOC)
18. SKRIPSI - DETI ALFITRI YENNI (3021810002).docx
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (DRAFT JURNAL)
19. JURNAL - DETI ALFITRI YENNI (3021810002).docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Kantor Pertanahan Kabupaten Lamongan mempunyai kewenangan dalam melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pertanahan. Berdasarkan Peraturan Menteri Agrarian dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional nomor 6 tahun 2018 tentang pendaftaran tanah sistematis lengkap atau di singakat PTSL adalah kegiatan pendaftaran tanah untuk pertama kali yang dilakukan secara serentak bagi semua pendaftaran tanah di seluruh wilayah Republik Indonesia dalam satu wilayah Desa/Kelurahan. PTSL merupakan salah satu pelayanan public untuk memenuhi dan melayani administrasi masyarakat untuk mendapatkan hak tanah secara sah dalam hukum. Dengan menggunakan aplikasi berbasis website yaitu Komputerisasi Kantor Pertanahan (KKP) yang digunakan sebagai penunjang layanan operasional yang ada diperusahaan.Untuk mencapai tujuannya dalam menyediakan layanan TI. Maka diperlukan adanya dokumen Intruksi kerja tertulis yang terstruktur dan terdokumentasi tersebut adalah standartd operating procedure (SOP) yang digunakan sebagai mengatur seluruh aktivitas service desk terkait incident management dan access management. Penyusunan dokumen SOP dilakukan menggunakan metode Gap analisis dimana peneliti akan menyususun dokumen SOP yang sesuai dengan kondisi ideal pada proses service operation ITIL V3 dengan membandingkan kondisi eksisting yang terdapat pada service desk KKP. Kemudian untuk memastikan apakah dokumen SOP yang dibuat oleh peneliti sesuai dengan kebutuhan KKP, maka dilakukan verifikasi dan validasi terkait dokumen SOP yang telah dibuat. Hasil dari analisis ini adalah dokumen SOP berbasis service operation pada ITIL V3 dalam pemeliharaan layanan aplikasi KKP PTSL diwilayah Lamongan. Tujuan menggunakan ITIL V3 domain service operation adalah memberikan panduan dan kemudahan bagi Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Kantor Pertanahan Kabupaten Lamongan dalam mengelola layanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sof File
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorYogantara Setya Dharmawan, S.Kom., MbusProcessMgt., MCEyogantara.dharmawan@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Department of Information System
Depositing User: Deti Alfitri Yenni
Date Deposited: 18 Feb 2022 12:34
Last Modified: 18 Feb 2022 12:34
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/2963

Actions (login required)

View Item View Item