STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI PERSPEKTIF ISLAM (STUDI WARDAH KIDS KONVEKSI DAN BORDIR GRESIK)

Elisa Fatikasari Fatah, 1031810013 (2022) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI PERSPEKTIF ISLAM (STUDI WARDAH KIDS KONVEKSI DAN BORDIR GRESIK). Undergraduate thesis, Universitas International Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf

Download (174kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (113kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB LATIN)
5. PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB-LATIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
6. ABSTRAK.pdf

Download (339kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
10. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR LAMPIRAN)
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
12. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (368kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
13. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODEDOLOGI PENELITIAN)
14. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
15. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
16. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT PDF)
19. SKRIPSI - ELISA FATIKASARI FATAH (1031810013).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT DOC)
20. SKRIPSI - ELISA FATIKASARI FATAH (1031810013).docx
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (DRAFT JURNAL)
21. JURNAL -ELISA FATIKASARI FATAH (1031810013).docx
Restricted to Repository staff only

Download (57kB) | Request a copy

Abstract

Era persaingan usaha yang semakin kompetitif sekarang ini membuat setiap pelaku bisnis harus memiliki strategi pemasaran yang berbeda dan dapat menjadi daya tarik. Strategi yang dapat diterapkan yaitu strategi bauran pemasaran (marketing mix) 4P yang dilihat dari perspektif Islam, yaitu produk (product), harga (price), saluran distribusi / tempat (place), dan promosi (promotion). Strategi pemasaran yang baik dari suatu perusahaan akan berdampak pada loyalitas pelanggan, terutama dalam 2 tahun terakhir mengalami pandemi Covid-19 sehingga menghambat kegiatan usaha. Metode penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan 2 sumber data yaitu data primer dan sekunder yang diperoleh melalui metode wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Wardah Kids Konveksi dan Bordir Gresik menggunakan strategi bauran pemasaran 4P. Namun ditinjau dari 4 karakteristik pemasaran syariah yaitu Teistis (Rabbaniyyah), Etis (Akhlaqiyyah), Realistis (Al-Waqi’iyyah) dan Humanistis (Al-Insaniyyah), Wardah Kids Konveksi dan Bordir Gresik belum sepenuhnya sesuai dengan strategi pemasaran syariah yaitu dari segi akhlaqiyyah karena belum adanya cap harga pada produk. Pada saat pandemi Covid-19 Wardah Kids Konveksi dan Bordir Gresik mengalami peningkatan loyalitas pelanggan, hal ini dikarenakan wardah kids melakukan inovasi berupa pembuatan desain baru dan membuka layanan jasa bordir dengan sistem jemput bola untuk menarik konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang telah berlangganan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Softfile/KK.22/UISI-01/ES
Uncontrolled Keywords: Strategi bauran pemasaran, strategi pemasaran dalam perspektif Islam, loyalitas pelanggan, pandemi covid 19, 4 karakteristik pemasar syariah
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorAhmad Dahlan Malik, B.A.(Hons)., M.Ec., CFPahmad.malik@uisi.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Department of Islamic Economics
Depositing User: Elisa Fatikasari Fatah
Date Deposited: 16 Aug 2022 15:24
Last Modified: 16 Aug 2022 15:41
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/3490

Actions (login required)

View Item View Item