“IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA KSPPS BMT BINA INSANI MANDIRI (BIM) CABANG PALANG DALAM PERSPEKTIF ISLAM”

Ainia Firza Fajri, 1031810003 (2022) “IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA KSPPS BMT BINA INSANI MANDIRI (BIM) CABANG PALANG DALAM PERSPEKTIF ISLAM”. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf

Download (678kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (386kB)
[img] Text (LEMBAR PENGESAHAN)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text (PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB LATIN)
5. PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB LATIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (968kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
6. ABSTRAK.pdf

Download (469kB)
[img] Text (ABSTRACT)
7. ABSTRACT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (KATA PENGANTAR)
8. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (867kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (491kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
10. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
11. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
12. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (940kB)
[img] Text (BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA)
13. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
14. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
15. BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
16. BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (475kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BIODATA PENULIS)
19. BIODATA PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI-AINIA FIRZA FAJRI (1031810003))
SKRIPSI-AINIA FIRZA FAJRI (1031810003).docx
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI-AINIA FIRZA FAJRI (1031810003))
SKRIPSI-AINIA FIRZA FAJRI (1031810003).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL- AINIA FIRZA FAJRI (1031810003))
JURNAL - AINIA FIRZA FAJRI (1031810003).docx
Restricted to Repository staff only

Download (61kB) | Request a copy

Abstract

memperhatikan kebutuhan yang diinginkan oleh setiap pelanggan. Perusahaan dituntut untuk menciptakan inovasi dan produk baru yang inovatif dalam upaya menjaga hubungan jangka panjang dan memberikan kepuasaan kepada pelanggan. Tujuan penelitian ini guna untuk mengetahui penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada KSPPS BMT Bina Insani Mandiri (BIM) Cabang Palang. Customer Relationship Management (CRM) merupakan proses atau kegiatan mengumpulkan data pelanggan, membangun dan mempertahankan pelanggan dan identifikasi data pelanggan, mengembangkan program CRM untuk diimplementasikan. Implementasi CRM secara syariah dengan menggunakan 4 sifat wajib Nabi Muhammad saat berbisnis yakni siddiq( benar/ jujur), amanah (dapat dipercaya ), tablig ( menyampaikan) dan fatonah (cerdas) dan dengan implementasi 3 aspek yakni proses,teknologi dan orang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, yang dimana mengambarkan secara sistematis tentang fokus penelitian yakni implementasi CRM untuk meningkatkan loyalitas pelanggan pada KSPPS BMT BIM Cabang Palang dalam perspektif Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 metode pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan metode dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data selama dilapangan menggunakan reduksi data, verifikasi data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya implementasi Customer Relationship Management (CRM) syariah pada KSPPS BMT BIM Cabang Palang sudah sesuai dengan keutamaan CRM (people, process, dan teknology) yang dihubungkan dengan 4 pemasaran syariah yakni 4 sifat Nabi Muhammad (Siddiq, Tabliqh, Fatonah, dan Amanah). Kata kunci : BMT Bina Insani Mandiri, Customer Management Relationship (CRM), Implementasi, Perspektif Islam, Loyalitas pelanggan,.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: BMT Bina Insani Mandiri, Customer Management Relationship (CRM), Implementasi, Perspektif Islam, Loyalitas pelanggan,.
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorAhmad Dahlan Malik, B.A.(HONS)., M.EC., CFP®elsi.hanesti@uisi.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Department of Islamic Economics
Depositing User: Ainia Firza Fajri
Date Deposited: 19 Aug 2022 15:10
Last Modified: 19 Aug 2022 15:10
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/3554

Actions (login required)

View Item View Item