PERANCANGAN DESTINATION BRANDING, KAMPUNG KENDUNG, KELURAHAN SEMEMI, SEBAGAI KAMPUNG SEMANGGI SURABAYA

Ahmad Ridho Pamungkas, 3031810002 (2023) PERANCANGAN DESTINATION BRANDING, KAMPUNG KENDUNG, KELURAHAN SEMEMI, SEBAGAI KAMPUNG SEMANGGI SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (0. COVER)
0. COVER.pdf

Download (650kB)
[img] Text (1. HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (631kB)
[img] Text (2. HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (5. ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (437kB)
[img] Text (6. KATA PENGANTAR)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (7. DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (446kB)
[img] Text (8. DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (9. DAFTAR TABEL)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (10. BAB I PENDAHULUAN)
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (653kB)
[img] Text (11. BAB II KAJIAN PUSTAKA)
11. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB) | Request a copy
[img] Text (12. BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
12. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (13. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
13. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (14. BAB V PENUTUP)
14. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (497kB)
[img] Text (16. LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
18. SKRIPSI - AHMAD RIDHO PAMUNGKAS (3031810002).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT DOC)
18. SKRIPSI - AHMAD RIDHO PAMUNGKAS (3031810002).docx
Restricted to Repository staff only

Download (57MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
19. JURNAL – AHMAD RIDHO PAMUNGKAS (3031810002).docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kampung Kendung, Kelurahan Sememi adalah tempat asal terciptanya makanan ikonik khas Kota Surabaya yaitu Semanggi atau Pecel Semanggi. Daerah tersebut menjadi tempat tinggal bagi lebih dari 100 orang pedagang pecel semanggi yang tersebar ke seluruh penjuru Kota Surabaya. Selain itu pada Kampung Kendung Kelurahan Sememi juga terdapat komunitas kreatif dari warga setempat hasil bimbingan dari beberapa CSR yang ada di tempat tersebut. Komunitas warga tersebut mengembangkan aneka ragam kuliner dengan menggunakan bahan dari daun semanggi seperti bolu semanggi, kukis semanggi, cireng semanggi, peyek semanggi, nugget semanggi dan kue lumpur semanggi. Pada saat penelitian ini dibuat Kampung Kendung, Kelurahan Sememi belum memiliki branding yang dapat mengembangkan potensi yang ada pada tempat tersebut. Maka dari itu penulis melakukan penelitan yang bertujuan untuk merancang destination branding Kampung Kendung, Kelurahan Sememi dengan menggunakan metode dari jurnal Ayyub Sukmaraga yang mengembangkan teori branding yang diciptakan oleh Mike Mosser dalam buku United We Brand dengan menciptakan Nilai Inti Merek, Pesan Inti Merek, Kepribadian Inti Merek, Ikon Inti Merek dan Peta Jalan Merek dengan metode pencarian data yang dikembangkan Oleh Didiet Sawardikoen dengan pencarian Aspek Pembuat, Aspek Imaji dan Aspek Pemirsa dalam buku Metodologi Penelitian DKV. Perancangan destination branding yang dibuat diimplementasikan pada media utama yaitu graphic standard manual yang juga berisi peta jalan merek dan pedoman penggunaan aset-aset visual dari rancangan destination branding Kampung Semanggi Surabaya. Selain Graphic Standar Manual, perancangan destination branding Kampung Semanggi Surabaya juga diimplementasikan pada berbagai media pendukung seperti kaos, paperbag, katalog, dan miniatur signage.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Softfile/KK.23/UISI-01/DKV
Uncontrolled Keywords: Destination Branding, Kampung Kendung, Kampung Semanggi Surabaya.
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorRizky Noviasri, S.Sn., M.Ds.rizky.noviasri@uisi.ac.id
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Department of Visual Communication Design
Depositing User: Ahmad Ridho Pamungkas
Date Deposited: 24 Mar 2023 14:42
Last Modified: 24 Mar 2023 14:42
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/4788

Actions (login required)

View Item View Item