ANALISIS LEAN SERVICE UNTUK MENGURANGI WASTE PADA PELAYANAN TEKNIS PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) GIRI TIRTA

Firman Maulana Putra, 2021610026 (2020) ANALISIS LEAN SERVICE UNTUK MENGURANGI WASTE PADA PELAYANAN TEKNIS PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) GIRI TIRTA. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (568kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (796kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
11. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
12. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (926kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
13. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V ANALISIS HASIL)
14. BAB V ANALISIS HASIL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN)
15. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (620kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI-Firman Maulana Putra (2021610026).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT DOC)
SKRIPSI-Firman Maulana Putra (2021610026).docx
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL - Firman Maulana Putra (2021610026).docx
Restricted to Repository staff only

Download (347kB) | Request a copy

Abstract

PDAM Giri Tirta merupakan perusahaan penyedia air bersih yang beroperasi diwilayah Kabupaten Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan akar permasalahan dari unit pelayanan teknis yang berada di PDAM Giri Tirta Cabang Gresik Kota dengan berbagai metode yang relevan dengan permasalahan yang dihadapi. Penggunaan konsep lean dirasa sesuai dengan permasalahan ini dikarenakan dengan tujuan utama perusahaan yang memberikan pelayanan terbaik namun hanya memiliki sumber daya manusia yang terbatas, sehingga seluruh aktivitas harus berjalan dengan efektif dan meminimalkan adanya waste (aktivitas yang tidak memiliki nilai tambah). Penelitian ini diawali dengan memilih pelayanan teknis dengan frekuensi paling banyak selama 3 bulan teraktir (januari – maret 2020). Setelah diketahui pelayanan yang paling banyak frekuensinya maka dibuatlah Big Picture Mapping untuk mempermudah proses identifikasi masalah. Masalah yang telah teridentifikasi akan dibobotkan sesuai hasil dari kuisioner yang akan dibagikan kepada stakeholder untuk menentukan critical waste. Critical waste yang telah ditemukan akan dicari akan penyebabnya dengan root cause analysis dan dari hasil root cause analysis dapat dirumuskan sebuah action plan atau saran perbaikan. Pada penelitian kali ini ditemukan bahwa critical waste adalah aktifitas Excessive Transportation. Excessive Transportation memiliki bobot 0,180 merupakan bobot terbesar sehingga menjadi critical waste. Saran yang diberikan pada perusahaan adalah perbaikan pada SOP pengerjaan, peremajaan alat, dan juga pemanfaatan aplikasi milik PDAM Giri Tirta yaitu aplikasi Gita Ceria.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 070/KK.20/UISI-01/TL
Uncontrolled Keywords: Big Picture Mapping, root cause analysis, konsep lean, PDAM
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorMuhammad Faisal Ibrahim, S.T., M.T.muhammad.ibrahum@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Department of Logistic Engineering
Depositing User: Firman Maulana Putra
Date Deposited: 27 Aug 2020 08:04
Last Modified: 18 Nov 2020 10:31
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/821

Actions (login required)

View Item View Item