ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RISIKO KELELAHAN PADA PENGEMUDI TRUK PT SEMEN INDONESIA DISTRIBUTOR

Aulia Firmana Martanto, 2011510125 (2019) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RISIKO KELELAHAN PADA PENGEMUDI TRUK PT SEMEN INDONESIA DISTRIBUTOR. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (561kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (552kB)
[img] Text (BAB I)
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (325kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)
[img] Text (FULLTEXT)
SKRIPSI - AULIA FIRMANA MARTANTO (2011510125).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT DOC)
SKRIPSI - AULIA FIRMANA MARTANTO (2011510125).doc
Restricted to Repository staff only

Download (23MB) | Request a copy

Abstract

PT Semen Indonesia Distributor merupakan salah satu perusahaan distrbutor yang bergerak di sektor bahan bangunan semen maupun nonsemen. Dalam melakukan aktivitasnya pengemudi truk PT Semen Indonesia Distributor sering mengalami tekanan yang cukup tinggi sehingga berdampak pada kelelahan. Kelelahan adalah salah satu faktor penyebab utama kecelakaan kerja, terutama di bidang transportasi. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penyebab risiko kelelahan serta mengidentifikasi bahaya dari kelelahan pada pengemudi truk PT Semen Indonesia Distributor. Variabel faktor penyebab utama kelelahan yang akan diteliti yaitu durasi kerja, waktu istirahat, beban kerja, lingkungan kerja, kuantitas tidur, gangguan tidur, Stress, kondisi fisik. Pada setiap variabel penelitian akan dilakukan identifikasi bahaya kelelahan dengan melakukan observasi dan wawancara kepada pengemudi truk. Setelah itu hasil dari wawancara akan dilakukan analisis risiko dengan menggunakan metode semikuantitatif. Metode ini akan berisi mengenai perkalian nilai Likelihood dan nilai Consequences yang outputnya akan berupa Level of Risk yang nantinya akan menjadi acuan dalam menentukan pengendalian yang tepat pada kelelahan pengemudi truk. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan satu variabel yang memiliki nilai risiko paling tinggi “Extreme Risk” yaitu kuantitas tidur dengan Level of Risk bernilai 16, kemudian terdapat dua variabel yang memiliki nilai risiko tinggi “High Risk” yaitu beban kerja dan lingkungan kerja dengan Level of Risk bernilai 9, terdapat dua variabel yang memiliki nilai risiko sedang “Medium Risk” yaitu gangguan tidur dan waktu istirahat dengan Level of Risk secara berturut-turut bernilai 6 dan 3, serta yang terakhir terdapat tiga variabel yang memiliki nilai risiko rendah “Low Risk” yaitu durasi kerja, stress, dan kondisi fisik dengan Level of Risk secara berturut-turut bernilai 4 dan dua variabel lainnya bernilai2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 95/KK.19/UISI-01/MR
Uncontrolled Keywords: Kelelahan, Pengemudi Truk, Penyebab Risiko Kelelahan, Likelihood, Consequences, Level of Risk
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorIzzati Winda Murti, S.T., M.T.izzati.murti@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Department of Engineering Management
Depositing User: Mahasiswa UISI
Date Deposited: 25 Jun 2020 08:28
Last Modified: 27 Jul 2020 13:45
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/171

Actions (login required)

View Item View Item