IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK ARRUM HAJI DI PEGADAIAN SYARIAH DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Pegadaian Syariah UPS Suci Gresik)

Rida Novia Restu Rachmadani, 1031810025 (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK ARRUM HAJI DI PEGADAIAN SYARIAH DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Pegadaian Syariah UPS Suci Gresik). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf

Download (173kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (99kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (248kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (379kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (391kB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
12. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
11. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
13. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
14. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
17. SKRIPSI - RIDA NOVIA RESTU RACHMADANI (1031810025).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT DOC)
18. SKRIPSI - RIDA NOVIA RESTU RACHMADANI (1031810025).docx
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (DRAFT JURNAL)
19. JURNAL - RIDA NOVIA RESTU RACHMADANI - (1031810025).docx
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy

Abstract

Ibadah haji hukumnya wajib bagi yang mampu melaksanakan secara jasmani, rohani dan juga finansial. Banyak masyarakat terhalang dengan biaya porsi pendaftaran ibadah haji, maka pegadaian syariah memiliki solusi yaitu dengan adanya produk Arrum Haji yang dapat digunakan nasabah dalam hal pembiayaan porsi ibadah haji. Akad yang digunakan adalah akad rahn bukan dana talangan. Syarat nasabah untuk mendapatkan porsi ibadah haji sangat mudah, yaitu cukup dengan nasabah menggadaikan emas 3,5 gram atau senilai 1,9 juta maka nasabah akan mendapatkan porsi pendaftaran haji senilai 25 juta rupiah. Setiap produk harus dikenalkan kepada masyarakat agar produk dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi pemasaran pada produk Arrum Haji yang dilakukan oleh Pegadaian Syariah UPS Suci Gresik dalam perspektif Islam?, dan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan pada produk Arrum Haji di Pegadaian Syariah UPS Suci Gresik sudah diimplementasikan dalam perspektif Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data yang digunakan melalui observasi partisipatif, wawancara semi terstruktur dan kumpulan dokumentasi. Uji kredibilitas digunakan untuk memvalidasi penelitian ini dan juga menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Adapun hasil dari penelitian ini adalah strategi pemasaran 4-P (product, price, promotion dan place) pada produk Arrum Haji di Pegadaian Syariah UPS Suci Gresik telah diimplementasikan dalam perspektif Islam sesuai dengan sifat Rasulullah yaitu fathonah, amanah, shiddiq, dan tabligh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Softfile/KK.22/UISI-01/ES
Uncontrolled Keywords: Arrum Haji, Pegadaian Syariah, Pemasaran Islami, Sifat-sifat Nabi dan Rasul.
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorElsi Mersilia Hanesti, S.EI., M.SEI., CRA.elsi.hanesti@uisi.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Department of Islamic Economics
Depositing User: Rida Novia Restu Rachmadani
Date Deposited: 15 Aug 2022 16:29
Last Modified: 15 Aug 2022 16:29
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/3478

Actions (login required)

View Item View Item