PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. JAMWIDYA NUSANTARA KABUPATEN BATU BARA

Indah Permata Sari Damanik, 1031810030 (2022) PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. JAMWIDYA NUSANTARA KABUPATEN BATU BARA. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf

Download (134kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (100kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB LATIN)
5. PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB LATIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
6. ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (305kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
10. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR LAMPIRAN)
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
12. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (529kB)
[img] Text (BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA)
13. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
14. BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
15. BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN)
16. BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BIODATA PENULIS)
19. BIODATA PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI - INDAH PERMATA SARI DAMANIK (1031810030).pdf)
20. SKRIPSI - INDAH PERMATA SARI DAMANIK (1031810030).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI - INDAH PERMATA SARI DAMANIK (1031810030).doc)
21. SKRIPSI - INDAH PERMATA SARI DAMANIK (1031810030).docx
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
22. JURNAL - INDAH PERMATA SARI DAMANIK (1031810030).docx
Restricted to Repository staff only

Download (154kB) | Request a copy

Abstract

Di era global ini, persaingan bisnis di Indonesia cukup tinggi. Sehingga persaingan ini membuat sejumlah badan usaha berlomba-lomba untuk meningkatkan kepuasan pelanggannya agar terjadinya pembelian secara berulang pada pelanggan. Namun, sering kali terjadi indikasi yang tidak sesuai dengan syariat dalam hal pelayanan terhadap pelanggan. Maka dari itu diperlukannya etika bisnis Islam diimplementasikan pada etika bisnis Rasulullah SAW yaitu terdiri dari siddiq, amanah, tabligh dan fathonah. Etika bisnis Islam digunakan sebagai salah satu dimensi yang dapat menentukan tingkat kepuasan pelanggan. Penelitian yang dilakukan ini untuk menguji pengaruh penerapan etika bisnis Islam terhadap kepuasan pelanggan PT. Jamwidya Nusantara. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan variabel independen (X) adalah etika bisnis Islam dan variabel dependen (Y) adalah kepuasan pelanggan. Metode survei dan sumber data yang digunakan adalah data primer yang didapat dari hasil sebaran pada kuesioner. Teknik analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas, heterokedastisitas, analisis regresi linier sederhana, parsial dan koefisien determinasi pada PT. Jamwidya Nusantara dengan menggunakan program SPSS 26.0. Hasil dari tugas akhir ini menunjukkan bahwa pada hasil uji regresi linier sederhana, penerapan etika bisnis Islam berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji parsial (t) didapatkan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4,050 > 2,045) dengan tingkat signifikan (0,000 < 0,05) maka, Ho ditolak dan Ha diterima sedangkan pada hasil perhitungan koefisien determinasi, kombinasi variabel X (etika bisnis Islam) terhadap variabel Y (kepuasan pelanggan) yakni 0,361 sisanya adalah sebesar 63,9% yang disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Dapat disimpulkan bahwa etika bisnis Islam (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Softfile/KK.22/UISI-01/ES
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Kepuasan Pelanggan, PT Jamwidya Nusantara
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorDrs. Muhammad Asyhad, M.Ag.muhammad.asyhad@uisi.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Department of Islamic Economics
Depositing User: Indah Permata Sari Damanik
Date Deposited: 19 Aug 2022 21:21
Last Modified: 19 Aug 2022 21:21
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/3648

Actions (login required)

View Item View Item