Muhammad Alvin Firman Agustian, 3021810018 (2022) ANALISIS MANAJEMEN LAYANAN TI BAGIAN ADMINISTRASI PADA SERVICE OPERATION MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL V3 (STUDI KASUS RUMAH SAKIT XYZ). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.
Text (COVER)
0. COVER.pdf Download (156kB) |
|
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (64kB) |
|
Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) | Request a copy |
|
Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf Download (148kB) |
|
Text (KATA PENGANTAR)
6. KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf Download (252kB) |
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR TABEL)
9. DAFTAR TABEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) | Request a copy |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
10. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (111kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
11. BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
12. BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV PEMBAHASAN)
13. BAB 4 PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
14. BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (342kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) | Request a copy |
|
Text (FULL TEXT)
17. SKRIPSI - MUHAMMAD ALVIN FIRMAN AGUSTIAN (3021810018).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (FULL TEXT DOC)
18. SKRIPSI - MUHAMMAD ALVIN FIRMAN AGUSTIAN (3021810018).docx Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (DRAFT JURNAL)
19. JURNAL - MUHAMMAD ALVIN FIRMAN AGUSTIAN (3021810018).docx Restricted to Repository staff only Download (112kB) | Request a copy |
Abstract
Rumah Sakit XYZ merupakan sebuah instansi swasta yang bergerak pada bidang pelayanan Kesehatan, sarana pelayanan kesehatan dikelola PT Cipta Nirmala, terdapat beberapa tempat operasi pelayanan kesehatan yaitu praktek dokter dan apotek yang berada di Veteran dan GKB. Bentuk layanan Kesehatan dari Rumah Sakit XYZ yaitu Klinik, IGD, Rawat Jalan, Medical Check Up, Instalasi Bedah Central, Laboratorium, Radiologi, Rehabilitas Medic, dan Farmasi. Masing-masing bentuk layanan kesehatan Rumah Sakit XYZ memiliki bagian administrasi. Pelayanan yang disediakan Rumah Sakit XYZ dapat di akses dengan melakukan proses Administrasi terlebih dahulu, bagian Administrasi melayani pasien kategori umum dan kategori BPJS. Di dalam proses Administrasi diperlukan adanya prosedur untuk mengatur alur pendaftaran. Maka diperlukan adanya dokumen Instruksi kerja tertulis yang terstruktur dan terdokumentasi sesuai Standart Operating Procedure (SOP) yang digunakan untuk mengatur seluruh aktivitas Service Desk terkait Incident Management dan Problem Management. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana untuk mendapatkan data dengan melakukan Observasi dan Wawancara. Penyusunan dokumen SOP dilakukan menggunakan metode Gap analisis dengan menyusun dokumen SOP berdasarkan kondisi ideal pada proses Service Operation ITIL V3 dengan membandingkan kondisi eksisting. Hasil dari analisis ini adalah dokumen SOP berbasis Service Operation pada ITIL V3 dalam pelayanan administrasi Rumah Sakit XYZ. Tujuan menggunakan ITIL V3 domain Service Operation adalah sebagai panduan bagi staff administrasi dalam mengelola layanan dan menerapkan kebijakan untuk meningkatkan layanan pada pasien.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Softfile/KK.22/UISI-01/SI | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Rumah Sakit XYZ, Standart Operating Procedure (SOP), ITIL V3 | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) | ||||||
Divisions: | Department of Information System | ||||||
Depositing User: | Muhammad Alvin Firman Agustian | ||||||
Date Deposited: | 19 Aug 2022 21:40 | ||||||
Last Modified: | 25 Aug 2022 19:53 | ||||||
URI: | https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/3767 |
Actions (login required)
View Item |