ANALISIS IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DAN SIFAT RASULULLAH SAW (FAST) PADA UMKM DI GRESIK (STUDI PADA SARI KELAPA GROUP GRESIK)

Nur Anissafitri Roesmalyna Sufi, 1031510036 (2020) ANALISIS IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DAN SIFAT RASULULLAH SAW (FAST) PADA UMKM DI GRESIK (STUDI PADA SARI KELAPA GROUP GRESIK). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (239kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (456kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
10. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (571kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
11. BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
12. BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
13. BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN)
14. BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (445kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
17. SKRIPSI - NUR ANISSAFITRI R. SUFI (1031510036).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT DOC)
18. SKRIPSI - NUR ANISSAFITRI R. SUFI (1031510036).docx
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
19. Jurnal Nur Anissafitri R. Sufi (1031510036).docx
Restricted to Repository staff only

Download (83kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan dunia bisnis saat ini telah maju sangat pesat. Berbagai bentuk bisnis dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor makanan, minuman, oleh-oleh, pakaian, mainan, hingga teknologi. Di Kabupaten Gresik banyak toko yang menjual oleh-oleh khas Gresik yaitu pudak. Salah satunya adalah Toko Sari Kelapa Group Gresik. Brand image yang dimiliki Sari Kelapa Group Gresik dapat menarik perhatian bagi para wisatawan yang berkunjung ke Gresik. Penelitian ini meneliti tentang implementasi penerapan etika bisnis Islami yang dilakukan pada Sari Kelapa Group Gresik. Tentang apa saja nilai-nilai Islami yang diterapkan, sehingga membuat banyak pelanggan yang memilih membeli di Sari Kelapa Group Gresik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan dua jenis sumber data, yaitu data primer dan data sekunder yang didapat dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. lalu data yang diperoleh dikumpulkan secara kategori lalu disatukan menjadi rangkaian yang berkesinambungan. Dari hasil penelitian yang dilakukan di Sari Kelapa Group Gresik, bawasannya Sari Kelapa Group Gresik telah menerapkan sedikit banyak etika bisnis Islam. Meskipun tidak ada teori yang menjadi pedoman secara nyata, tetapi Sari Kelapa Group Gresik telah menerapkan banyak etika dalam berbisnis. Beberapa diantaranya yaitu memegang teguh bahwa bekerja merupakan ibadah, tetap menjalankan kewajiban sebagai umat muslim, selalu berinovasi, selalu mengedepankan kejujuran, dan menjaga kepercayaan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 037/KK.20/UISI-01/ES
Uncontrolled Keywords: Etika bisnis, field research, UMKM
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorElsi Mersilia Hanesti, S.EI.,M.SEIelsi.hanesti@uisi.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Department of Islamic Economics
Depositing User: Nur Anissafitri Roesmalyna Sufi
Date Deposited: 25 Aug 2020 12:20
Last Modified: 24 Jun 2021 10:47
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/686

Actions (login required)

View Item View Item