ANALISIS ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP STRATEGI PEMASARAN DISTRIBUTOR AIR MINUM ISI ULANG REZKY

Billah Afosma Ubaidillah, 1031710012 (2022) ANALISIS ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP STRATEGI PEMASARAN DISTRIBUTOR AIR MINUM ISI ULANG REZKY. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf

Download (110kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (139kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB LATIN)
5. PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB LATIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
6. ABSTRAK.pdf

Download (257kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (264kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
10. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (519kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
12. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
13. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
14. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
15. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
18. SKRIPSI - BILLAH AFOSMA UBAIDILLAH (1031710012).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT DOC)
19. SKRIPSI - BILLAH AFOSMA UBAIDILLAH (1031710012).doc
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
20. JURNAL - BILLAH AFOSMA UBAIDILLAH (1031710012).doc
Restricted to Repository staff only

Download (141kB) | Request a copy

Abstract

Etika Bisnis Islam menjadi hal yang sangat penting dalam suatu bisnis, khsusunya dalam strategi pemasaran. Dalam memasarkan suatu produk ke konsumen dibutuhkan suatu strategi pemasaran yang baik agar produk bisa diterima konsumen dengan baik. Masih banyak sekali pebisnis yang belum menerapkan etika berbisnis dengan baik, karena masih mengejar keuntungan daripada keberkahan dari bisnis tersebut. Penelitian ini dilakukan pada distributor air minum isi ulang Rezky. Penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan pada air minum isi ulang Rezky apa sesuai dengan etika bisnis Islam atau sudah sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW yaitu dengan menerapkan siddiq, amanah, fathanah dan tabligh dalam berdagang khususnya dalam peningkatan penjualan yang dilakukan oleh air minum isi ulang Rezky. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis yaitu penggabungan antara deskripsi masalah dan sekaligus analisisnya yang dilakukan secara bersama-sama dalam setiap pembahasan dengan memaparkan data-data, baik data melalui hasil wawancara, maupun pustaka dan informasi mengenai strategi pemasaran yang sesuai etika bisnis Islam. Data yang sudah diperoleh melalui wawancara, observasi maupun dokumentasi nantinya akan dilakukann analisis data dengan memberi pemaparan gambaran mengenai situasi yang diteliti. Setelah mengetahui strategi pemasaran distributor air minum isi ulang Rezky peneliti akan membahas strategi pemasaran yang sesuai dengan etika bisnis Islam. Hasil penelitian ini adalah distributor air minum isi ulang Rezky dalam memperlancar usahanya dengan strategi pemasaran yang ditekankan pada segmentasi pasar, target pasar, posisi pasar dan bauran pemasaran dengan menggunakan variabel 7P telah memenuhi prinsip-prinsip dan etika bisnis Islam diantaranya yaitu siddiq, amanah, fathanah, dan tabligh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Strategi Pemasaran
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorProf. Tjiptohadi Sawarjuwono, M.Ec., Ph.D., CPA., CA.tjiptohadi@uisi.ac.id
Thesis advisorElsi Mersilia Hanesti, S.EI., M.SEI.elsi.hanesti@uisi.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Department of Islamic Economics
Depositing User: Billah Afosma Ubaidillah
Date Deposited: 14 Feb 2022 12:27
Last Modified: 14 Feb 2022 12:27
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/2977

Actions (login required)

View Item View Item