Faizah Marifa Aini, 1031710021 (2021) PERUMUSAN STRATEGI PENGEMBANGAN PADA USAHA BARU MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QSPM DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus UMKM "Bubur Campur Bang Joe" di Desa Bringkang, Kec. Menganti, Kab. Gresik). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.
Text (COVER)
0. COVER.pdf Download (775kB) |
|
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (652kB) |
|
Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Restricted to Registered users only Download (712kB) | Request a copy |
|
Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (663kB) | Request a copy |
|
Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
5.ABSTRAK.pdf Download (873kB) |
|
Text (KATA PENGANTAR)
6. KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (552kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf Download (679kB) |
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR TABEL)
9. DAFTAR TABEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
10. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (684kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
11. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
12. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (886kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
13. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
14. BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (556kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (665kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (FULLTEXT)
17. SKRIPSI - FAIZAH MARIFA AINI (1031710021).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (FULLTEXT DOC)
18. SKRIPSI - FAIZAH MARIFA AINI (1031710021).docx Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (JURNAL)
19. JURNAL - FAIZAH MARIFA AINI (1031710021).docx Restricted to Repository staff only Download (95kB) | Request a copy |
Abstract
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting diantaranya dapat mempercepat peningkatan pendapatan serta penyerapan tenaga kerja Dampak positif pandemi Covid-19 yaitu banyaknya masyarakat yang mengambil peluang untuk berbisnis, salah satunya adalah UMKM “Bubur Campur Bang Joe”. Tetapi, Bubur Campur Bang Joe sering menemui berbagai kendala, antara lain: kurangnya tenaga kerja dalam produksi dan memasarkan produknya, serta sulitnya memperoleh pelanggan, kondisi seperti ini menuntut pelaku usaha untuk lebih inovatif dalam merencanakan strategi yang tepat untuk mengembangkan usaha mereka.Penelitian ini membahas studi perumusan strategi pengembangan usaha baru pada UMKM “Bubur Campur Bang Joe” di Desa Bringkang, Kec. Menganti yang ditujukan untuk meningkatkan penjualan dan menjaga kualitas agar usaha tersebut mampu bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi serta dokumentasi untuk mendapatkan informasi terkait faktor internal dan eksternal suatu usaha. Penyusunan strategi pengembangan menggunakan metode SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman usaha, sedangkan Matriks QSPM untuk menetapkan strategi alternatif utama. Analisis data dilakukan dengan menggunakan tiga tahap pelaksanaan yaitu tahap pemasukan (input stage), tahap pencocokan (matching stage), serta tahap pengambilan keputusan (decision stage). Adapun hasil penelitian berupa rekomendasi strategi prioritas utama yang memiliki skor atau nilai tertinggi untuk diterapkan pada usaha Bubur Campur Bang Joe yaitu merekrut tenaga kerja untuk bagian produksi dan pemasaran dengan nilai 0,439. Strategi urutan kedua adalah menambah variasi tambahan produk dengan nilai 0,428.Strategi urutan ketiga yaitu memperluas jaringan pemasaran dengan bekerjasama dengan pihak ketiga untuk meningkatkan permintaan produk dengan nilai 0,418. Alternatif diatas diharapkan dapat membantu usaha Bubur Campur Bang Joe dalam mengembangan usahanya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perumusan Strategi, Pengembangan Usaha Baru, Marketing Mix Syariah, metode SWOT dan QSPM dalam perspektif Islam, UMKM “Bubur Campur Bang Joe". | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory | ||||||
Divisions: | Department of Islamic Economics | ||||||
Depositing User: | Faizah Marifa Aini | ||||||
Date Deposited: | 23 Sep 2021 15:27 | ||||||
Last Modified: | 23 Sep 2021 15:27 | ||||||
URI: | https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/2366 |
Actions (login required)
View Item |