ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DAN PENGEMBANGAN STRATEGI SEGMENTING, TARGETING, DAN POSITIONING (STP) PADA PRODUK SINOM BRENGOS AI-GROW

Iwan, 2041910005 (2024) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DAN PENGEMBANGAN STRATEGI SEGMENTING, TARGETING, DAN POSITIONING (STP) PADA PRODUK SINOM BRENGOS AI-GROW. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf

Download (169kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (151kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (LEMBAR HASIL FINAL)
5. LEMBAR HASIL FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
6. ABSTRAK.pdf

Download (359kB)
[img] Text (ABSTRACT)
7. ABSTRACT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (KATA PENGANTAR)
8. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (359kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
10. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
11. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
12. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (487kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
13. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
14. BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
15. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
16. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (542kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
19. SKRIPSI - IWAN (2041910005).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT DOC)
20. SKRIPSI - IWAN (2041910005).docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Image (POSTER)
POSTER - 2041910005 (Iwan).png

Download (4MB)

Abstract

Sinom Brengos merupakan produk minuman yang diproduksi oleh mahasiswa Teknologi Industri Pertanian (Ai-Grow) Universitas Internasional Semen Indonesia. Ai-Grow belum pernah melakukan pengukuran terdahap kepuasan konsumen terhadap kualitas atribut Sinom Brengos serta menentukan strategi strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan berdasarkan kepuasan konsumen. Metode Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk mengetahui tingkat kepentingan setiap atribut dan Customer Satisfaction Index (CSI) digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan mendeskripsikan Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP) dari Produk Sinom Brengos. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan konsumen dari hasil perhitungan CSI sebesar 78,23% pada kategori “borderline” atau perbatasan. Berdasarkan hasil IPA, atribut yang menjadi agenda prioritas utama untuk ditingkatkan merupakan atribut di kuadran I yang terdiri atas kejelasan kehalalan produk, bahan pengemas, kontrol kualitas minuman yang telah rusak di penitipan, lama umur simpan (expired date), dan rasa. Atribut kedua yang perlu memperbaiki pada kuadran III yaitu, kepopuleran produk, warna tulisan/huruf pada kemasan, kemudahan memperoleh informasi produk dimedia sosial, potongan harga pada event, kemudahan memperoleh produk, dan kesesuaian isi volume dengan keinginan yang diberikan. Penetapan segmenting, targeting, dan positioning didasarkan pada karakteristik demografis dan psikografis (penilaian konsumen). Pada analisis segmentasi terbentuk 3 segmen. Kelompok segmen 3 dan 1 yang menjadi target pasar karena memiliki presentase anggota cluster tertinggi. Positioning yang terbentuk berdasarkan penilaian responden terhadap atribut bauran pemasaran yaitu produk minuman sehat tradisional dengan harga terjangkau. Rumusan strategi pemasaran yang terbentuk berdasarkan atribut produk yaitu mempertahankan kualitas jamu sinom brengos sebagai minuman sehat tradisional dengan menggunakan pengawet alami dan selalu menjaga kualitas rasa dengan harga yang terjangkau. Berdasarkan atribut tempat/lokasi yaitu dengan menambah lokasi penitipan produk dan selalu mengkontrol kualitas produk di lokasi penitipan. Sedangkan berdasarkan atribut promosi memperluas jaringan melalui media sosial dan mengikuti berbagai event untuk meningkatkan pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Softfile/KK.24/UISI-01/TIN
Uncontrolled Keywords: Ai-Grow, CSI, Jamu Sinom, Kepuasan Konsumen, STP
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorYunita Siti Mardhiyyah, S.TP., M.Si.yunita.mardhiyyah@uisi.ac.id
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Department of Agro-industrial Technology
Depositing User: Iwan Iwan
Date Deposited: 23 Feb 2024 15:09
Last Modified: 23 Feb 2024 15:09
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/6231

Actions (login required)

View Item View Item