Iwan, 2041910005 (2024) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DAN PENGEMBANGAN STRATEGI SEGMENTING, TARGETING, DAN POSITIONING (STP) PADA PRODUK SINOM BRENGOS AI-GROW. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.
Text (COVER)
0. COVER.pdf Download (169kB) |
|
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (151kB) |
|
Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) | Request a copy |
|
Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) | Request a copy |
|
Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) | Request a copy |
|
Text (LEMBAR HASIL FINAL)
5. LEMBAR HASIL FINAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
6. ABSTRAK.pdf Download (359kB) |
|
Text (ABSTRACT)
7. ABSTRACT.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) | Request a copy |
|
Text (KATA PENGANTAR)
8. KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
9. DAFTAR ISI.pdf Download (359kB) |
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
10. DAFTAR GAMBAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR TABEL)
11. DAFTAR TABEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
12. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (487kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
13. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (950kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
14. BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
15. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
16. BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (542kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (773kB) | Request a copy |
|
Text (FULLTEXT)
19. SKRIPSI - IWAN (2041910005).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (FULLTEXT DOC)
20. SKRIPSI - IWAN (2041910005).docx Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Image (POSTER)
POSTER - 2041910005 (Iwan).png Download (4MB) |
Abstract
Sinom Brengos merupakan produk minuman yang diproduksi oleh mahasiswa Teknologi Industri Pertanian (Ai-Grow) Universitas Internasional Semen Indonesia. Ai-Grow belum pernah melakukan pengukuran terdahap kepuasan konsumen terhadap kualitas atribut Sinom Brengos serta menentukan strategi strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan berdasarkan kepuasan konsumen. Metode Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk mengetahui tingkat kepentingan setiap atribut dan Customer Satisfaction Index (CSI) digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan mendeskripsikan Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP) dari Produk Sinom Brengos. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan konsumen dari hasil perhitungan CSI sebesar 78,23% pada kategori “borderline” atau perbatasan. Berdasarkan hasil IPA, atribut yang menjadi agenda prioritas utama untuk ditingkatkan merupakan atribut di kuadran I yang terdiri atas kejelasan kehalalan produk, bahan pengemas, kontrol kualitas minuman yang telah rusak di penitipan, lama umur simpan (expired date), dan rasa. Atribut kedua yang perlu memperbaiki pada kuadran III yaitu, kepopuleran produk, warna tulisan/huruf pada kemasan, kemudahan memperoleh informasi produk dimedia sosial, potongan harga pada event, kemudahan memperoleh produk, dan kesesuaian isi volume dengan keinginan yang diberikan. Penetapan segmenting, targeting, dan positioning didasarkan pada karakteristik demografis dan psikografis (penilaian konsumen). Pada analisis segmentasi terbentuk 3 segmen. Kelompok segmen 3 dan 1 yang menjadi target pasar karena memiliki presentase anggota cluster tertinggi. Positioning yang terbentuk berdasarkan penilaian responden terhadap atribut bauran pemasaran yaitu produk minuman sehat tradisional dengan harga terjangkau. Rumusan strategi pemasaran yang terbentuk berdasarkan atribut produk yaitu mempertahankan kualitas jamu sinom brengos sebagai minuman sehat tradisional dengan menggunakan pengawet alami dan selalu menjaga kualitas rasa dengan harga yang terjangkau. Berdasarkan atribut tempat/lokasi yaitu dengan menambah lokasi penitipan produk dan selalu mengkontrol kualitas produk di lokasi penitipan. Sedangkan berdasarkan atribut promosi memperluas jaringan melalui media sosial dan mengikuti berbagai event untuk meningkatkan pembelian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Softfile/KK.24/UISI-01/TIN | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Ai-Grow, CSI, Jamu Sinom, Kepuasan Konsumen, STP | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) | ||||||
Divisions: | Department of Agro-industrial Technology | ||||||
Depositing User: | Iwan Iwan | ||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2024 15:09 | ||||||
Last Modified: | 23 Feb 2024 15:09 | ||||||
URI: | https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/6231 |
Actions (login required)
View Item |