IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN AKAD ISTISHNA PADA UMKM GAYA PLAFON GRESIK

DICKY AMY ARDIANSYAH, 1031810009 (2022) IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN AKAD ISTISHNA PADA UMKM GAYA PLAFON GRESIK. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf

Download (389kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (307kB)
[img] Text (LEMBAR PENGESAHAN)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB LATIN)
5. PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB LATIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
6. ABSTRAK.pdf

Download (443kB)
[img] Text (ABSTRACT)
7. ABSTRACT.pdf

Download (442kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
8. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (461kB)
[img] Text (DAFTAR TABEL)
10. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
11. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR LAMPIRAN)
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
13. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (759kB)
[img] Text (BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA)
14. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
15. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
16. BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
17. BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (671kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text (BIODATA PENULIS)
20. BIODATA PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI-DICKY AMY ARDIANSYAH (1031810009))
SKRIPSI-DICKY AMY ARDIANSYAH (1031810009).pdf

Download (3MB)
[img] Text (SKRIPSI-DICKY AMY ARDIANSYAH (1031810009))
SKRIPSI-DICKY AMY ARDIANSYAH (1031810009).docx

Download (4MB)
[img] Text (JURNAL-DICKY AMY ARDIANSYAH (1031810009))
JURNAL-DICKY AMY ARDIANSYAH (1031810009).docx

Download (34kB)

Abstract

Persaingan bisnis diharuskan perusahaan harus memiliki suatu strategi untuk mencapai tujuan, yaitu salah satunya menggunakan konsep bauran marketing (promotion, price, place, produk). Salah satu implmentasi bauran pemasaran syariah dapat dijumpai pada akad istishna. Pada umumnya UMKM menerapkan akad istishna berbasis bauran pemasaran. Pada penelitian ini berfokus pada UMKM Gaya Plafon, sehingga Rumusan penelitian ini yaitu bagaimana implementasi bauran pemasaran akad istishna pada UMKM Gaya Plafon Gresik dan untuk tujuan penelitiannya yaitu untuk mengetahui kesesuaian implementasi bauran pemasaran akad istishna pada UMKM Gaya Plafon Gresik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode penumpulan data yang digunakan melalui wawancara, obervasi, dokumentasi. Uji kreadibilitas digunakan unruk memvalidasi penelitian ini dan juga menggunkan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Adapun hasil penelitian ini merupakan startegi bauran pemasaran 4P (produck, price, place, promotion) yang diterapkan pada akad istishna di Gaya Plafon Gresik telah sesuai dengan rukun dan syarat dalam perspektif Islam. Untuk hasilnya dapat dilihat dari segi produknya sudah sesuai dengan spesifikasi yang di pesan konsumen, tidak adanya unsur kecacatan produk, waktu dan tempat sesuai, tidak adanya konsumen yang menjual produk sebelum selesai pemesanan, tidak adanya penukaran barang. Untuk segi harga juga tidak adanya manipulasi, diskriminasi dan juga pembayarannya juga sesuai dengan apa yang dijanjikan dan juga dalam pembayarannya tidak adanya unsur pembebasan hutang. Untuk dari segi tempatnya juga strategis dan juga mudah dijangkau konsumen. Untuk dari segi promosinya juga sangat jelas dan mudah dipahami baik dari saat survey maupunpada saat di media online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Softfile/KK.22/UISI-01/ES
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Akad Istishna, Bauran Markerting, Gaya Plafon, UMKM
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorAhmad Dahlan Malik, B.A.(HONS)., M.EC., CFP®ahmad.malikuisi.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Department of Islamic Economics
Depositing User: Dicky Amy Ardiansyah
Date Deposited: 18 Aug 2022 16:09
Last Modified: 18 Aug 2022 16:09
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/3505

Actions (login required)

View Item View Item